Bisnis Kecil-kecilan yang Menguntungkan – Peluang Usaha Kuliner

 Peluang Usaha

Bisnis Kecil-kecilan yang Menguntungkan dari Usaha Kuliner Siomay

Bisnis Kecil-kecilanUsaha di bidang kuliner, merupakan jawaban atas solusi dalam mencari bisnis kecil-kecilan. Pasarnya yang terus diminati membuat bisnis ini terus eksis. Meski dalam skala kecil, bisnis ini masih akan terus menguntungkan. Kita ambil salah satu contoh yakni dari usaha makanan siomay. Penganan ini sangat enak disantap untuk mengganjal perut yang lapar di luar waktu makan.

Selera kita akan tergugah ketika melihat berbagai jenis siomay. Seperti siomay ikan, siomay tahu, siomay telur puyuh, hingga siomay udang yang disajikan dengan digoreng. Kombinasi rasa gurih, legit, dan kesegaran bahan menjadikan siomay menjadi salah satu makanan yang punya banyak penggemar setia. Agar terasa semakin nikmat, biasanya siomay disajikan dengan saus kacang & saus sambal.

Beberapa pecinta siomay bahkan suka menambahkan kecap manis, sehingga rasanya pun menjadi sedikit manis. Bahan baku utama dalam membuat siomay yaitu; daging ikan tenggiri, tepung kanji, tepung tapioka, & tepung terigu. Sedang untuk bumbu yang digunakan adalah garam, bawang putih, bawang merah, gula, dan penyedap rasa. Sebagai pelengkap, kita juga bisa menggunakan bawang goreng yang bisa ditaburkan di atas siomay.

Tak ada takaran pasti dalam membuat siomay. Umumnya para pedagang punya takaran sendiri-sendiri. Maka ta heran jika rasa siomay dari tiap pedagang menjadi berbeda-beda. Sebelum memutuskan berjualan, tak ada salahnya jika kita mencoba-coba dulu berbagai takaran bahan baku & bumbunya. Kita bisa meminta keluarga atau teman terdekat untuk mencicipi dan menilai siomay buatan kita.

Untuk lokasi yang strategis dalam usaha siomay antara lain wilayah perumahan/permukiman padat penduduk, kawasan perkantoran, sekolah & kampus, dan pinggir jalan raya yang ramai. Pada umumnya orang tidak menjadikan siomay sebagai makanan pokok, atau bisa dibilang sebagai makanan jajanan saja. Maka pastikan bahwa tempat usaha kita mudah dijangkau, sehingga para calon pembeli tak perlu bersusah-payah untuk membeli siomay dagangan kita.

Usaha siomay merupakan jenis usaha kaki lima, dan seperti kebanyakan usaha kaki lima, gerobak atau etalase menjadi perlengkapan usaha yang harus dimiliki. Selain itu, peralatan masak, seperti kompor & tabung gasnya, panci, dandang, wajan, dan spatula juga wajib kita sediakan untuk operasional usaha. Peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, & gelas serta meja dan kursi merupakan perlengkapan usaha lainnya yang harus di miliki.

Usaha siomay ini biasanya dikelola sendiri oleh pemiliknya. Namun, mengingat skala usahanya yang kecil, keberadaan karyawan tidaklah terlalu penting. Tetapi bila jenis usaha siomay yang ingin didirikan berskala sedang atau besar, misalnya dengan menyewa/mendirikan warung atau kedai sendiri, ada baiknya jika kita mempekerjakan seorang karyawan. Karyawan inilah yang nantinya akan bertanggungjawab untuk melayani konsumen.

Karena Bisnis Kecil-kecilan yang Menguntungkan ini punya risiko akan makanan yang tidak laku, maka ide lain untuk mengembangkan usaha ini adalah dengan grobak atau sepeda keliling. Namun bukan kita sendiri yang bekerja, kita bisa mempekerjakan orang dengan untuk menjajakan siomay kita secara keliling dengan upak gaji bulanan atau bagi hasil.