Bisnis Modal Kecil Hasil Besar dari Usaha Kuliner

 Bisnis Modal Kecil, Peluang Usaha

Peluang Bisnis Kuliner Modal Kecil Hasil Besar

Peluang usaha di bidang kuliner tak akan ada habisnya jika kita gali. “Buatlah inovasi olahan makanan yang kreatif untuk menciptakan pasar baru” ya… itulah yang saya sarankan bagi para wirausahawan pemula agar terus memacu inovasinya di Bisnis Kuliner Modal Kecil Hasil Besar. Banyak aneka macam kuliner yang bisa kita kembangkan menjadi makanan unik. Misalanya saja di kota Malang yang sedang bergairah saat ini adalah usaha (mi setan, mi buto ijo, es gendruo, es kuntilanak dsb). Mungkin terlihat horor tapi itulah inovasi tak akan pernah berhenti terus bergulir seiring dengan persaingan pasar yang begitu ketat.

Ceker pedas lapindo adalah salah satu inovasi yang bisa kita contoh. Salah seorang pemilik warung asal Sidoarjo yang kerap dipanggil “mbak Nik” menjelaskan tentang menu olahan sajian kuliner dengan bahan dari ceker ayam. Berawal dari ketertarikan menekuni memasak semenjak lulus sekolah SMA, Akhirnya menjadi hobi dan semakin suka mendalaminya.

“Dengan mengolah ceker dengan berbagai olahan rasa, hingga kini sekitar 8 macam rasa terdiri dari Ceker Lapindo, Rica-rica, Mentega Pedas, Balajo,Mentega biasa, Sop, Gule, & Asam Manis yang disediakan bagi anak-anak yang tak suka pedas serta dua olahan tambahan crispy & pepes Ceker, “ tutur mbak Nik. Menurut mbak Nik sentuhan rasa yang di sajikan sangat berbeda dan membuat lidah terasa ingin melumat tekstur lembut ceker ayam yang dipadukan dengan sentuhan khas rasa bumbunya. Sehingga menambah selera bagi pecinta kuliner makanan di Sidoarjo.

Resep ceker ayam:
Bahan:

  • Ceker ayam 1 kg
  • Cabe merah 1 ons
  • Bawang merah 4 siung
  • Cabe rawit 2 ons
  • Gula & garam secukupnya
  • Daun serai 15 Lembar
  • Jahe 1 ruas
  • Bawang putih 10 siung
  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 liter air

Cara mengolah ceker ayam:

  1. Cucilah ceker hingga bersih, lalu panaskan air hingga mendidih baru masukkan ceker agar menghindari bau amis pada ceker dan mendapatkan hasil ceker yang mekar & mengembang, tunggu sampai lebih dari 30 menit. Kemudian tiriskan hingga dingin
  2. Panaskan minyak goreng terlebih dahulu selanjutnya haluskan bumbu (cabe merah, bawang merah, bawang putih & cabe rawit )
  3. Kemudian tumis bumbu hingga berubah warna dan tercium aroma khasnya sampai hilang, lalu masukkan daun serai ,daun jeruk ditumis bersama bumbu, selanjutnya masukkan ceker yang sudah direbus tadi, kemudian tambahkan gula & garam secusuai selera masing-masing

Cara Penyajian, Bisa kita tambahkan potongan cabe & daun jeruk di iris / dicincang untuk ditaburkan dan bisa ditambahkan kerupuk atau keripik usus sesuai selera.

Jika kita coba di daerah kita masing-masing, ini tentu bisa menjadi bisnis modal kecil dengan hasil besar. Salam sukses.