Cara Memulai Usaha Baru dengan Modal Kecil

 Tips Bisnis

Tips dan Cara Bagaimana Memulai Bisnis Baru dengan Modal Kecil

Cara Memulai Usaha

Mejalani profesi sebagai seorang karyawan, terkadang menjadikan seseorang menjadi ketergantungan kerja kepada orang lain secara terus menerus. Maka budaya mencari kerja di tempat orang lain akan menjadi budaya turun temurun jika kita tidak berani melakukan perubahan. Ingin membuka bisnis modal kecil, tapi tidak tahu mau usaha apa? Pertanyaan tersebut memang umum terlontar, namun bukan tidak ada solusi untuk memecahkan masalah ini. Jika ingin berubah maka persiapkanlah diri dengan baik dan baca cara memulai usaha berikut

a. Alasan ingin berwirausaha: kita harus punya alasan yang kuat kenapa ingin berwirausaha, alasan inilah yang akan menggerakkan langkah kita menjadi semakin mantap untuk memulai usaha dngan modal kecil dan mewujudkan impian sukses. Hindari alasan yang sesaat yang bisa mematahkan semangat dalam berwirausaha.

b. Libatkan istri atau suami dan rekan-rekan: ajaklah orang-orang terdekat kita untuk menjadi rekan kerja dalam menjalankan usaha sehari-hari sementara kita masih bekerja sebagai karyawan. Merekalah yang akan menjalankan usaha kita sesuai arahan & strategi usaha yang telah disepakati.

c. Pandai membagi waktu: Kita dituntut mampu dalam mengatur waktu, agar tempat kita bekerja tidak terganggu dan dirugikan dalam hal waktu karena kita mempunyai usaha. Kita harus mampu disiplin dalam mengatur waktu ini. Ketika jam kerja, maka haruslah mencurahkan waktu untuk perusahaan dan di luar jam kerja seperti malam hari dan libur itulah waktu untuk usaha kita sendiri.

d. Pilih jenis bisnis modal kecil yang cocok sesuai dengan minat atau kemampuan yang kita miliki, atau hoby yang kita sukai. Usaha yang kita pilih tidak harus dijalankan langsung dalam skala besar. Usaha dengan modal kecil seperti membuka rumah makan di rumah, menjadi agen penjualan busana, pulsa, sembako, memilih kemitraan atau waralaba, bisa kita jadikan pilihan.

e. Sebisa mungkin untuk tidak memilih usaha yang sama dengan pekerjaan yang sedang dijalani, sebaiknya hindari jenis usaha yang sama dengan usaha yang sama dengan perusahaan kita bekerja agar tak terjadi konflik kepentingan.

f. Jika ingin sukses berkumpulah dengan orang sukses: kata-kata tersebut juga berlaku ketika kita hendak membuka sebauh usaha. Bergabung dengan komunitas-komunitas, grup / forum wirausaha yang bisa membantu kita mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari yang lainnya sehingga kita juga dapat mempunyai lingkungan usaha yang saling mensuport.

g. Manfaatkan teknologi yang ada: dalam membantu monitoring dan juga komunikasi dengan tim kerja di usaha kita maka gunakan teknologi seperti: website, email, smartphone, cctv dan lainnya.

h. Jika usaha kita telah mampu menghasilkan keuntungan minimal 3 kali dari jumlah gaji yang diperoleh tiap bulannya dan stabil selama setahun maka perlu dipertimbangkan untuk menjadi pengusaha penuh waktu dan mengembangkannya agar lebih besar.