Cara Memulai Usaha Percetakan dari Awal

 Peluang Usaha

Langkah Memulai Peluang Usaha Percetakan dari Awal

Usaha PercetakanDalam sebuah usaha percetakan peralatan yang wajib dimiliki adalah mesin offset ukuran double folio & mesin potong kertas 1plano. Mesin offset tersebut dapat mencetak segala jenis cetakan berbagai macam ukuran mulai dari A5,A4,A3, hingga duble folio. Untuk cetakan dengan laba kecil seperti nota, akan rugi apabila dicetak dengan mesin ini karena ongkos biaya produksi cetak yang tak sebanding, tapi jika terpaksa atau mendesak bisa saja dipakai dicetak dimesin ini.

Hasil cetak nota menggunakan mesin tersebut hasilnya sangat bagus dibanding mesin mini offset. Jika sedang banyak order mesin double folio tentunya untuk cetak ukuran kecil seperti nota pastinya dimaklon ke tempat lain dihitung dari biaya produksinya lebih murah. Hasil jadi cetakan jarang yang bisa tepat waktu sampai ke pelanggan, karena prosesnya cukup memakan waktu dan terkadang antrian juga dilihat dari kapasitas mesin yang dimiliki. Terutama kendala dari operator mesin yang enggan lembur kerja dikarenakan terbatasnya kondisi fisik untuk kerja esok harinya.

Memiliki mesin di atas cukup untuk membantu kelangsungan sebuah percetakan, dan juga bisa dimanfaatkan sebagai jasa maklon. Untuk jadi tempat jasa maklon hasil cetak harus bagus supaya pelanggan maklon tak banyak komplain sehingga bisa jadi pelanggan tetap. Jasa maklon banyak dimanfaatkan oleh makelar cetakan yang sama sekali tidak punya mesin tapi umumnya makelar cetakan punya pelanggan maklon cetak yang bagus karena memang tuntutan menjaga kualitas.

Jadi untuk pemain baru jarang bisa meyakinkan makelar agar bisa mencetak ke tempat kita meski harga yang kita patok tergolong murah. Umumya makelar cetakan tidak mempermasalahkan harga cetak asal jaminan kualitas cetakan selalu dijaga. Sebagai pemula sebaiknya benar-benar mampu dalam menjaga kualitas cetakan agar tetap terjaga dan harga yang dipatok jaminan harga standart di pasaran.

Punya mesin atau tidak punya mesin harga tetap standart. Jadi jangan kita berpikiran punya mesin cetak berati harga yang dipatok lebih murah dari makelar cetak, kadang harga makelar malahan jauh bisa lebih murah & kualitasnya juga lebih baik.

Perlu diingat bahwa, meskipun kita mempunyai mesin cetak offset sendiri bukan berarti kualitas cetakan kita bisa lebih baik. Karena mesin offset yang ada dimiliki sebuah percetakan tak semuanya dalam kondisi prima maklum saja barang rekondisi tak terawat karena biaya perawatan lumayan besar. Jika pemilik mesin menjaga & merawat mesin dengan baik pasti kualitas cetakannya juga akan selalu bagus hasilnya.

Dalam usaha percetakan ini hal yang terpenting adalah masalah modal. Jika modal yang dimiliki adalah modal pinjaman, maka analisa pasar yang dilakukan haruslah tepat.. ya…paling tidak pemasukan tiap bulan cukup untuk membayar angsuran dan biaya operasional.