Cara Mencari Pinjaman Modal Usaha

 Tips Bisnis

Pinjaman Modal UsahaAdakah usaha yang bisa dimulai tanpa modal sepeser pun..??? ya… tentu saja ada, namun apakah jenis usaha yang gratis tersebut? jawabannya tentu, bisnis online, makelar tanah, makelar mobil, bisnis profesi dan lain sebagainya. ya… memang usaha-usaha tersebut bisa kita jalankan dengan gratis. Hanya butuh skill yang mumpuni agar jenis-jenis usaha tersebut bisa berjalan dengan sangat menguntungkan.

Namun bagaimana bagi kita yang ingin mendirikan bisnis modal kecil namun tidak memiliki modal sama sekali?? Maka jawaban yang tepat adalah duapoint penting di bawah ini.

Mencari pinjaman modal usaha

Dalam ilustrasi berikut yang akan penulis contohkan adalah usaha warnet. Seorang yang sedang ingin berwirausaha tengah melirik bisnis warnet karena dinilai bisnis ini sedang tumbuh pesat di daerahnya. Tanpa memikirkan persaingan ia optimis karena banyak warnet yang sering menolak banyak pengunjung karena warnet penuh. Dengan analisa pasar yang menunjukkan bahwa banyak anak sekolah dan para mahasiswa yang masih sangat membutuhkan warnet sebagai media belajar mereka. Namun sayangnya ia tidak bisa memulai usahanya karena ia tidak memiliki modal uang sepeserpun.

Dalam kasus seperti di atas, bisa kita selesaikan dengan berbagai metode seperti di bawah ini:

Pinjaman modal usaha dari bank
Dari berbagai macam pilihan solusi, pinjam modal ke bank bisa menjadi solusi terbaik. Namun ada sisi kekurangannya, yakni di mana tidak setiap orang bisa dengan mudah untuk mendapat pinjaman dari bank. Bila punya serifikat maupun BPKP kendaraan yang bisa dijadikan agunan, maka langkah meminjam uang ke bank bisa sangat mulus, namun tetap dengan berbagai pertimbangan dan kekuatan kita untuk mengangsur dalam tiap bulannya. Sebaiknya pinjamlah modal ke bank seperlunya saja, agar tidak terlalu membebani.

Pinjaman modal usaha dari orang terdekat
Akan sangat beruntung bila kita punya rekan atau saudara yang memiliki pendanaan kuat namun mereka tidak memiliki ide usaha. Untuk mengeksekusi niatan dalam membuka warnet tadi, kita bisa mencari pinjaman lewat orang-orang terdekat. Namun bila cara ini belum cukup efektif, kita bisa mengajak orang terdekat maupun rekan untuk berinvestasi di usaha warnet yang akan kita bangun.

Dengan sistem bagi hasil prosentasi hasil per bulan, tentunya akan sangat menarik bagi siapa saja. Meski demikian kita harus sangat berhati-hati dalam melakukan kerja sama dengan kerabat maupun teman sendiri. Sering terjadi perselisihan karena masalah keuangan yang kurang transparan dan pembukuan yang kurang baik. Inilah yang harus kita antsipasi dalam menjalankan usaha yang di dalamnya terdapat modal milik orang lain.

Menjalin kerja sama
Tak beda jauh dengan poin di atas yakni pinjam modal ke orang terdekat, namun kali ini segmennya akan lebih luas lagi. Dalam kasus usaha warnet tadi, menjalin kerja sama dengan pihak tertentu, semisal toko komputer maupun penyedia layanan jaringan untuk berinvestasi atau menjalankan usaha bersama untuk membuka warnet, bisa sangat efektif agar ide yang dimiliki bisa terealisasi dengan cepat.