Peluang Bisnis Makanan Jajanan Anak

 Peluang Usaha

peluang bisnis makananBicara soal peluang bisnis makanan tentu sangat beragam dan luas. Karena makanan merupakan objek bisnis yang cukup menarik. Namun bagaimana bila yang kita bidik adalah peluang bisnis makanan jajanan anak? wah tentunya akan lebih menarik untuk dibahas.

Bila pada tulisan-tulisan saya sebelumnya lebih banyak membicarakan bisnis yang sifatnya umum dengan konsumen yang dituju adalah orang dewasa, maka kali ini kita akan mengulas potensi pasar dari anak-anak untuk bisnis jajanan atau camilan.

Jajanan anak tentu bisa kita buat sendiri maupun mendapatkannya di grosir-grosir. Dan sasarannya jualnya adalah toko retail di perkampungan yang terdapat banyak anak-anak. Jajanan anak seripik, kerupuk pedas, dan olahan lain non industry besar, khususnya olahan industry rumahan, tenu lebih beragam dan cukup memiliki daya pikat.

Terlebih harga yang cuku murah yakni di kisaran seribu rupiah perbungkusnya, menjadikan jajanan anak kian laris manis bila memang terbukti rasanya bisa akrab dengan lidah anak-anak.

Bidik kawasan padat anak
Setiap usaha, baik usaha dalam sekala besar maupun kecil, tentu membidik kawasan yang lebih potensial jumlah konsumennya. Dalam usaha jajanan anak, kita tentunya juga melakukan hal yang demikian. Di mana salah satu kawasan yang cocok untuk kita bidik pasarnya adalah kawasan yang terdapat banyak anak-anak namun minat belinya terhadap jajanan cukup bagus.

Alternatif usaha mikro
Bagi usaha kecil atau mikr, ini tentunya bisa mnejadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan melakukan produksi dalam jumlah yang tidak terlalu besar, kita pun bisa segera membidik tempat-tempat potensial. Adapun olahan camilan yang bisa kita buat pun cukup beragam, seperti: kerupuk pedas, keripik singkong manis, keripik pisang manis, makaroni manis dan masih banyak lagi.

Kesemuanya hanya perlu dikemas dalam wadah kecil-kecil dengan harga 500 – 1000 rupiah perbungkusnya, di mana harga tersebut masih dalam jangkauan anak-anak.

Modal minim harga minim laba berlimpah
Baik memproduksi atau menjadi reseller jajanan anak, modal yang dibutuhkan pun bisa dibilang cukup rendah. Dengan modal kurang dari 2 juta rupiah misalnya, kita bisa membuat camilan dari bahan-bahan seperti singkong, talas, pisang, jagung dan lain-lain.

Tentunya dengan bahan baku yang cukup murah tersebut, kita bisa berkreasi dengan memberikan sentuhan bumbu, baik manis, asin, dan pedas yang cukup disukai oleh anak-anak. Dengan modal minim dan harga jual yang minim pula, dalam pendistribusian besar tentu akan cukup mudah dalam membidik laba dalam jumlah yang cukup berlimpah.

Dalam usaha camilan, bisanya produksi bisa di tingkatkan di bulan kedua setelah terbukti pasar atau konsumen sudah terbentuk dengan baik. Orientasi meluaskan pendistribasian pun menjadi pekerjaan selanjutnya guna membesarkan usaha makanan atau jajanan khusus anak ini. Mudah-mudahan dapat mengisnpirasi kita semua, amin… [Rudi]


Author: