Tips dan Cara Mengatasi Resiko Usaha 2014

 Tips Bisnis

inidia Cara Mengurangi dan Mengatasi Resiko Bisnis di Tahun 2014

Resiko usahaAdakah bisnis atau jenis usaha yang tak memiliki resiko??? Tentunya setiap usaha pasti ada lah resikonya, kita hidup saja penuh dengan resiko. Namun dengan adanya resiko tersebut, jangan lantas nyali kita menjadi ciut. Berikut adalah langkah serta cara yang perlu kita perhatikan, untuk mengurangi dan mengatasi resiko dalam suatu usaha.

a. Lakukan riset. Sebelum menjalankan sebuah usaha, sebaiknya lakukanlah riset mengenai hambatan-hambatan yang kemungkinan akan muncul d itengah perjalanan. Dengan begitu kita bisa menyiapkan strategi sedini mungkin, dalam mengantisipasi hambatan yang mungkin terjadi. Seperti resiko persaingan bisnis yang dimungkinkan semakin meningkat. Maka, pilihlah peluang bisnis yang sesuai dengan skill dan minat atau bakat yang kita miliki, jangan sampai kita memulai usaha hanya karena ikut-ikutan trend yang ada saja. Dengan membangun usaha yang sesuai dengan skill dan minat, setidaknya kita punya bekal pengetahuan dan keahlian untuk mengurangi dan mengatasi segala resiko yang muncul di tengah perjalanan kita nanti.

b. Carilah beberapa referensi kunci sukses dalam membangun usaha. Cari informasi mengenai kunci kesuksesan bisnis, baik dari buku maupun internet. Hal tersebut akan membantu kita untuk menentukan langkah-langkah apa saja yang bisa membuat usaha kita berkembang, dan langkah apa saja yang tidak perlu dilakukan dalam upaya mengurangi munculnya resiko yang tak diinginkan ditahun 2014 ini.

c. Berfikir postif tentang resiko. Sesuaikan besarnya modal usaha yang kita miliki dengan resiko usaha yang kita ambil. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengambil peluang usaha yang resikonya besar, jika modal usaha yang kita miliki juga masih terbatas.

d. Keteguhan hati serta kreatifitas. Sukses sebuah bisnis modal kecil bisa dibangun dengan adanya keteguhan hati yang didukung kreatifitas. Dengan keteguhan hati dalam mencapai kesuksesan serta kreatifitas untuk mengembangkan usaha dengan ide-ide cemerlang. Maka segala resiko yang muncul bisa kita atasi dengan mudah.

e. Mengetahui informasi tentang prospek bisnis yang dijalankan. Carilah informasi tentang prospek bisnis modal kecil tersebut sebelum mengambil sebuah resiko. Sekarang ini banyak peluang usaha yang tiba-tiba booming, namun prospek bisnisnya tak mampu bertahan lama. Hanya dalam hitungan bulan saja, bisnis tersebut surut seiring dengan bergantinya trend pasar. Ada baiknya jika kita menghindari jenis peluang usaha seperti itu, karena resikonya cukup besar.

f. Analisa tingkat kebutuhan konsumen. Ketahuilah seberapa besar tingkat kebutuhan masyarakat akan produk yang kita tawarkan. Semakin besar tingkat kebutuhan konsumen akan sebuah produk, maka akan memperkecil resiko bisnis tersebut.

Berdasarkan langkah-langkah tersebut, maka bisa diambil kesimpulan bahwa semua resiko bisnis dapat diatasi dengan ketelitian, ketekunan dan kreatifitas kita. Maka, tingkatkanlah kemampuan dan pengetahuan kita dalam menjalankan suatu usaha. Agar segala resiko yang muncul di tengah perjalanan, tidak sampai merugikan bisnis yang kita jalankan. Semoga sedikit tips dan cara ini bisa bermanfaat.


Author: